Pengertian,Fungsi, dan Macam-Macam Monitor

Pengertian,Fungsi dan Jenis Monitor

Pengertian,Fungsi dan Jenis Monitor

Pengertian dan Fungsi Monitor

Monitor ialah salah satu alat output pada komputer yang berfungsi untuk menampilkan tampilan grafis .
Resolusi pada monitor ini sangat berpengaruh dalam ketajaman gambar yang ditampilkan. Fungsi lain dari monitor ini sendiri ialah menampilkan data-data berupa grafis dari prosesor untuk ditampilkan dilayar monitor agar user tau apa yang sedang di operasikan oleh prosesor.
Beberapa laptop memiliki port S-Video, Yang bisa membuat Kabel S-Video untuk plug ke televisi tertentu. dan ini ialah beberapa jenis dari Monitor itu sendiri.
1. yang pertama ada monitor CRT atau Cathode Ray Tube atau juga monitor tabung. monitor ini ialah tabung vacum yang berisi sumber elektron yang dipergunakan untuk melihat gambar, mempercepat dan membelokan berkas elektron ke layar neon untuk membuat gambar.
2. yang kedua ialah plasma display, ialah video tampilan komputer dimana setiap piksel pada layar dicahayai oleh sedikit plasma atau gas. plasma ini lebih tipis dari CRT dan lebih terang dari LCD.
3. yang ketiga ada monitor LCD, monitor ini tidak menggunakan tabung dan gambarnyapun mempunyai tingkat presisi tinggi dan benar benar datar. monitor ini merupakan jenis media tampilan yang berbahan kristal cair. LCD yang berwarna terdiri dari banyaknya piksel atau titik cahaya yang ttiknya itu merupakan sebuah keristal cair.
4. dan yang terakhir ialah monitor LED , ialah monitor generasi baru , monitor ini hampir sama dengan monitor LCD tetapi yang membedakannya ialah pixelnya yang membuat ketajaman suatu gambar lebih nyata.

Raster Display System

Setiap pixel di layar disimpan ke dalam sebuah memory yang disebut dengan frame buffer.
Pixel ini mempunyai informasi mengenai :
Lokasi = lokasi memori di frame buffer
banyaknya (lokasi) pixel yang dapat disimpan disebut sebagai resolusi
Warna = banyaknya byte di frame buffer = 2n
1 bit memori = 21 warna = 2 warna
4 bit memori = 24 warna = 16 warna
8 bit memori (1 byte) = 28 warna = 256 warna
Kapasitas memori yang membatasi banyaknya pixel pixel yang ditampilkan dan juga sebuah warna yang dapat direpresentasikan
Previous
Next Post »
Thanks for your comment