Pengertian,Fungsi,dan Macam-Macam Keyboard

Jenis-Jenis Keyboard Beserta Gambar dan Fungsinya

Dalam dunia informatika sungguh sangat tidak asing lagi dengan yang namanya Keyboard tetapi bagi kalangan anak muda khususnya bagi anak sekolah untuk tingkat menengah keatas mungkin masih banyak yang belum banyak mengetahui tentang Keyboard, maka dari itu kantinilmu kali ini akan membahas artikel tentang Jenis-Jenis Keyboard beserta Gambar dan Fungsinya.
keyboard 6
Sebelumnya mari kita simak apa pengertian dari keyboard ,Keyboard adalah suatu perangkat keras (hardwere) yang ada pada komputer dan berfungsi sebagai alat input data yang berupa huruf, angka dan simbol. Dan definisi keyboard yaitu sebuah peangkat keras yang berbentuk papan pada komputer yang memiliki bermacam macam tombol dan dimana tombol tersebut fungsi dan kegunaannya berbeda tergantung pada penekanannya yang bisa menghasilkan proses yang sesuai dengan keinginan penggunanya. Selain sebagai alat untuk men-input data keyboard juga mempunyai bermacam macam fungsi tombol dengan kombinasi yang khusus. Umumnya port keyboard pada komputer ada 2 macam yaitu PS2 dan USB namun seiring berkembangnya teknologi, dijaman yang maju ini keyboard sudah ada yang memakai wireless atau tanpa kabel.
Berikut jenis-jenis keyboard pada komputer :
  1. Keyboard QWERTY
keyboard 1
Yang pertama ada keyboard QWERTY ,  keyboard ini ditemukan pada tahun 1878. Lalu keyboard QWERTY ini sekarang menjadi standar pada mesin tik komersial pada tahun 1905. Nama QWERTY sendiri diambil dari 6 huruf yang berurutan pada baris ke-2 dari tombol alfanumerik keyboard tersebut
2. Keyboard Dvorak
keyboard 3
Keyboard jenis ditemukan pada tahun 1932. Susunan huruf yang digunakan pada keyboard Dvroak disusun sedemikian rupa. Pada keyboard ini tangan sebelah kanan akan cenderung lebih banyak di bebani pekerjaan dibandingkan dengan tangan sebelah kiri. Dan tata letak keyboard Dvorak ini dirancang untuk 70% dari penakanan pada home row, jadi bisa mengurangi kelelahan ketika pengetikan.
3. Keyboard Alphabetic
keyboard 2
Tombol yang ada pada keyboard alphabetic ini disusun hampir sama seperti yang ada pada keyboard QWERTY dan keyboard Dvorak, namun susunan hurufnya berurutan seperti halnya pada urutan huruf alphabet. Keyboard ini jarang sekali digunakan, dikarenakan akan memperlambat kecepatan dalam pengetikan.Fungsi Keyboard Pada Komputer.
4. Keyboard Numeric
keyboard 5
Keyboarrd numeric ini adalah jenis keyboard yang digunakan untuk memasukan bilangan dalam jumlah yang sangat besar, kebanyakan orang lebih suka menggunakan tombol numeric yang tata letaknya lebih mudah dijangkau menggunakan tangan, sehingga lebih nyaman di gunakan untuk pengetikan.
5. Keyboard Klockenberg
keyboard 4
Keyboard klockenberg ini dibuat bertujuan untuk menyempurnakan jenis keyboard dari sebelum-sebelumnya. Dengan memisahkan dua bagian keyboard, yaitu bagian kiri dan bagian kanan. Bagian kiri dan kanan yang ada pada keyboard ini dipisahkan bersudutkaan 15 derajat dan dirancang miring ke bawah. Lalu keyboard ini mempunyai tombol yang dirancang lebih dekat dengan meja dengan tujuan agar memudahkan pada saat pengetikan.
Fungsi Keyboard Pada Komputer
Fungsi keyboard umumnya, yaitu bertujuan untuk mentransfer perintah dari setiap huruf, angka dan simbol yang di ketikkan kemudian menyampaikannya ke perangkat keras lainnya yang bernama CPU (Central Processing Unit) selanjutnya setelah dari CPU perintah tersebut akan di ubah menjadi sinyal-sinyal digital sehingga perintah tersebut  akan dapat dimengerti oleh processor yang terletak didalam komputer.
Demikian sekilas penjelasan artikel tentang Jenis-Jenis Keyboard beserta Gambar dan Fungsinya mungkin macam macam keyboard masih banyak diluar sana yang belum dapat saya jelaskan diartikel ini disini saya hanya menjelaskan sebagian saja dan mungkin akan muncul keyboard-keyboard baru di masa yang akan datang.
Terimakasih telah membaca artikel saya semoga bisa menambah ilmu pengetahuan tentang komputer dan bisa bermanfaat bagi pembaca, jangann lewatkan artikel kantinilmu yang lainnya yaa.
Referensi:
https://kantinilmu.com/jenis-jenis-keyboard-beserta-gambar-dan-fungsinya/

Previous
Next Post »
Thanks for your comment