Tes Tugas 1



TUGAS Ulangan 1- Halo sobat.. 


Kali ini saya akan sedikit share tentang Tugas Ulangan 1 mengenai Software,Hardware,dan Jaringan.
Barangkali ini akan menambah pengetahuan sobat-sobat dirumah.
Untuk Tugas Ulangan 1 ini terdiri dari 10 soal, soal bagian atas dan jawaban di bagian paling bawah.
Oke langsung saja ini dia soal soal nya.
1.       Jelaskan pengertian dan fungsi dari BIOS.!
2.       Sebutkan macam-macam Sistem Operasi Komputer yang anda ketahui.!
3.       Sebutkan Jenis-Jenis Peripheral.!
4.       Apakah yang dimaksud dengan Software Aplikasi pada Komputer.?
5.       Sebutkan contoh Program Aplikasi.!
6.       Apakah yang dimaksud dengan Program Utility.?
7.       Sebutkan contoh Program Utility.!
8.       Jelaskan pengertian Backup dan Restore System.!
9.       Sebutkan beberapa contoh kerusakan pada komputer.!
10.   Jelaskan pengertian jaringan komputer.!
JAWABAN.
1.       PENGERTIAN BIOS.

Basic Input/ Output System atau yang sering disebut dengan BIOS merupakan suatu program yang ditulis dalam bahasa assembly yang bertugas mengatur fungsi dari Perangkat keras yang terdapat pada komputer.
Fungsi BIOS

Salah satu tugas utama yang dilakukan oleh BIOS adalah mengatur tahap awal proses startup sekaligus memastikan bahwa sistem operasi benar-benar telah dimuat ke dalam memory. Selain itu, BIOS berfungsi melakukan hal-hal berikut ini Menjalankan Perintah Power On Self Test (POST)
Salah satu yang harus kita lakukan sebelum menginstall sistem operasi pada komputer adalah dengan melakukan pengecekan beberapa perangkat yang ada pada komputer.
Selain itu, BIOS juga dapat memberikan informasi mengenai spesifikasi perangkat keras yang terdapat pada motherboard.
Mengatur Konfigurasi Dasar pada Komputer
Umumnya, BIOS mengatur konfigurasi terhadap perangkat lain berdasarkan fungsinya masing-masing.
Pengaturan konfigurasi ini biasanya dimanfaatkan oleh beberapa orang terutama gamer untuk meningkatkan Performa Komputer atau yang sering disebut dengan overclocking.
Memberikan Informasi Dasar pada Komputer
Selain menjalankan perintah POST dan mengatur konfigurasi dasar pada komputer, BIOS juga bertugas memberikan informasi dasar mengenai bagaimana interaksi tiap-tiap perangkat penting yang terdapat pada komputer seperti drive dan memory yang nantinya bertugas memuat sistem operasi.
  1. Macam-Macam SISTEM OPERASI
Sistem Operasi Windows 
Windows adalah sebuah Sistem Operasi yang dikembangkan oleh Microsoft Corporation yang menggunakan antarmuka dengan berbasikan GUI (GraphicalUser Interface) atau tampilan antarmuka bergrafis. Os ini sudah banyak sekali digunakan oleh user sejak lama. Windows pertama kali masih dalam jenis Ms-Dos (Microsoft Disk OperatingSystem) yaitu sebuah Sistem Operasi yang berbasiskan teks dan Command-Line interpreter. Dan Windows 1.0 berkembang hingga yang terbarusejarang ini, yaitu windows 8.
Sistem Operasi Linux 
Linux merupakan kloningan dari MINIX (Salah satu varian UNIX). Sistem operasi ini juga terkenal dan banyak orang yang menggunakannya. Linux disusun berdasarkan standard Sistem Operasi POSIX yangditurunkan dari UNIX itu sendiri. Ada beberapa macam Distro Linux, seperti : Debian, Lycoris, Xandros, Lindows, Linare, Linux-Mandrake, RedHat Linux, Slackware, Knoppix, Fedora, Suse, Ubuntu.
Sistem Operasi MACINTOSH 
MACINTOSH adalah Sistem Operasi yang dibuat oleh Apple Computerkhusus untuk komputer Macintosh dan tidak kompatibel (tidak harmonis untuk digunakan) dengan komputer berbasis IBM. MAC OS merupakan Sistem Operasi pertama yang menggunakan antarmuka pengguna grafis (Graphical User Interface/GUI). Macintosh : cukup tinggi securitynya, cocok untuk user yang usagenya desain grafis atau user yang mementingkan eye-candy.
Sistem Operasi Symbian 
Symbian adalah sistem operasi tak bebas yang dikembangkan oleh Symbian Ltd. yang dirancang untuk digunakan pada peralatan bergerak atau ponsel. Jenis Os ini mudah kita temui di ponsel-ponsel produk nokia dan beberapa produk Sony. Akan tetapi sekarang Pamor dari OS ini sedikit bergeser karena kalah popular dengan beberapa os baru seperti android.
Sistem Operasi Android 
Android adalah Sistem operasi yang baru-baru ini muncul dan banyak dipakai oleh orang. Pada dasarnya, Android adalah Os linux yang dikembangkan dan di buat untuk aplikasi Mobile atau ponsel. Android menyediakan platform terbuka bagi para pengembang untuk menciptakan aplikasi mereka sendiri untuk digunakan oleh bermacam peranti bergerak. Android sendiri sudah mengalami banyak perubahan. Silakan baca Jenis Sistim operasi android.
System operasi Palm 
Palm adalah Os untuk mobile yang dikembangkan oleh Palm, Inc. Yaitu sebuah perusahaan multinasional yang bermarkas di Sunnyvale, California, Amerika Serikat. Contoh produk yang menanamkan sistem operasi Palm adalah Palm Treo 680 Smartphone ini menggunakan system operasi Palm, yaitu Palm OS 5.4.9 dengan prosesor Intel PXA270, 312MHz. Beberapa fitur yang ditawarkan adalah Pocket Express, Microsoft Media Player, Palm files, PDF viewer, Adobe Acrobat reader, eReader, Pocket Tunes, dan Document To Go.
System Windows Mobile
 Windows Mobile adalah Sistem Operasi yang dibuat oleh Microsoft untuk peralatan bergerak (mobile). Pertama kali Windows Mobile muncul sebagai sistem operasi Pocket PC 2000, sebagian besar perangkat yang menggunakan Windows Mobile memiliki stylus pen yang digunakan sebagai alat untuk memberi perintah dengan menyentuhkannya pada layar
Sistem Operasi BlackBerry
 BlackBerry OS adalah sebuah Sistem Operasi Mobile yang dikembangkan oleh Research In Motion untuk perusahaan BlackBerry garis smartphone untuk perangkat genggam. Sistem operasi ini menyediakan multitasking dan mendukung perangkat input khusus yang telah diadopsi oleh RIM untuk digunakan dalam handheld, khususnya trackwheel, trackball, dan yang paling baru, yang trackpad dan touchscreen.
3.      Jenis-Jenis Peripheral
Peripheral utama (main peripheral)
Yaitu peralatan yang harus ada dalam mengoperasikan komputer. Contoh periferal utama yaitu: monitor, keyboard dan mouse.
Peripheral pendukung (auxillary peripheral)
Yaitu peralatan yang tidak mesti ada dalam mengoperasikan komputer tetapi diperlukan untuk kegiatan tertentu. Contohnya yaitu: printer, scanner, modem, web cam dan lain-lain.
Sedangkan berdasarkan proses kerjanya dalam mendukung pengoperasian komputer terbagi menjadi:
Perangkat masukan (input)
Adalah perangkat yang digunakan untuk memasukkan data atau perintah ke dalam komputer. Perangkat tersebut antara lain keyboard, mouse, scanner, digitizer, kamera digital, microphone, dan periferal lainnya
Perangkat keluaran (output)
Adalah peralatan yang kita gunakan untuk menampilkan hasil pengolahan data atau perintah yang dilakukan oleh komputer. Perangkat tersebut antara lain monitor, printer, plotter, speaker, dan lain lainnya.
4.      Software Aplikasi (Siap Pakai) adalah suatu program yang ditulis dalam bahasa pemrograman tertentu untuk diterapkan pada bidang tertentu. Program Aplikasi dibedakan dalam beberapa jenis aplikasi antara lain sebagai berikut..
Pengolah kata (word processor), contohnya : Ms. Word, Word Star, Word PerfectPengolah angka (spread sheet), contohnya : Exel, Lotus, Quattro pro
Pengolah data (database), contohnya : Ms. Access, Dbase, FoxproPengolah citra (drawing, contohnya : Adobe photoshop, Corel Draw, 3DStudio.
5.      Contoh Program Aplikasi 
Microsoft Word, program aplikasi ini memiliki fungsi untuk menulis atau mengetik tugas, makalah dan lain sebagainya.
Microsoft Excel. program aplikasi ini memiliki fungsi untuk membuat tabel data atau spreadsheets. program ini akan sangat membantu kamu dalam membuat tabel pengeluaran keuangan dan juga program ini memiliki perintah otomatis atau rumus yang bisa memudahkan kamu dalam menghitung jumlah, rata rata dan sebagainya.
Microsoft Power Point. program aplikasi ini memiliki fungsi untuk membuat slide show untuk persentasi atau rapat dan juga untuk halaman web.
Notepad. program aplikasi ini memiliki fungsi sebagai tempat untuk menyimpan catatan.
Mozilla Firefox dan Google Chrome. 2 program aplikasi ini adalah peramban web, yang berfungsi untuk menjelajahi internet.
Windows Movie Maker. Program aplikasi ini mempunyai fungsi untuk membuat atau mengedit video.
Adobe Photoshop. Adobe photoshop adalah program grafis yang bisa digunakan untuk mengedit gambar.
Paint. Program ini bisa dipakai juga untuk mengedit gambar atau bahkan dijadikan sebagai kanvas atau tempat untuk melukis.
Winamp. Program winamp ini berfungsi untuk memutar musik atau video.
Windows Media Player. Program ini berfungsi untuk memutar video dan bisa juga untuk memutar musik.
Smadav dan AVG Antivirus. Program ini berfungsi untuk mencegah masuknya virus ke dalam komputer dan juga bisa untuk menghapus virus dari komputer.
Remote Dekstop Connection. program aplikasi ini berfungsi untuk terkoneksi dengan komputer yang berada dimanapun dan bisa untuk mengakses file.
Sound Recorder. program ini memiliki fungsi untuk merekam suara.
Connect To a Projector. Program ini memiliki fungsi untuk mengkoneksikan komputer kamu ke proyektor melalui sarana kabel.
Yahoo Messenger. program ini memiliki fungsi untuk melakukan aktifitas chatting dan panggilan video secara gratis.
v

6.       Software Utility(Perangkat bantuan)

Perangkat lunak sistem dengan fungsi tertentu, misalnya pemeriksaan perangkat keras (hardware troubleshooting), memeriksa disket yang rusak (bukan rusak fisik), mengatur ulang isi harddisk (partisi, defrag), contoh Utilty adalah Norton Utility.

7.      Contoh Software Utility


Program Backup dan Restore
Program Backup dan Restore adalah program utilitas untuk ,elakukan backup data yang digunakan untuk membuat duplikat arsip untuk menghindari terjadinya kehilangan data bila perangkat  penyimpan tidak dapat berfungsi.
Contohnya:Norton Backup [dari symantec] dan Colorado Scheduller.
Program Pemulih Data
Program Pemulih Data adalah program utilitas yang digunakan untuk mengembalikan data yang secara fisik telah rusak atau berubah.data dapat dirusak oleh virus,perangkat lunak buruk kegagalan,perangkat keras,dan fluktuasi daya listrik yang terjadi  ketika data sedang di tulis/diubah.
Contohnya : Get Data Back
Program Kompetisi Data
Program Kompetisi Data adalah program utilitas kompresi berfungsi untuk memperkecil ukuran sebuah dokumen sehingga dapat menghemat pemanfaatan ruang penyimpanan,serta mempermudah pendistribusian .
Contohnya:Winrar free,Winjib.
Program Partisi
Program Partisi adalah program utilitas  untuk mengatur partisi dalam sebuah harddisk.
Contohnya:Easus Partition Manager

Program Utilitas Burning Disk
Program Utilitas Burning Disk adalah program utilitas untuk untuk membuat data dalam piringan DVD ataupun CD.
Contohnya:Nero
Program Utilitas Duplikat File
Program Utilitas Duplikat File adalah program utilitas untuk mempercepat dan mempermudah proses duplikat/copy file.
Contohnya:Terra Copy
8.      Backup : Cadangan, backup software= file yang berisi sistem
               registrasi file untuk disimpan jika terjadi kehancuran pada
               software sehingga software yang sebelumnya sudah dibackup
               dapat dikembalikan ke kondisi sebelum hancur/rusak.
Restore : Memperbaiki ulang system registrasi software yang rusak
              dengan menggunakan media backup software yang sudah
              disiapkan.
9.      Contoh Kerusakan Pada Komputer
Sering terjadi hang
Penyebab :
- Memory tidak cocok
- Ada virus di harddisk
- Over Clock
- Ada bad sector di harddisk
Solusi :
- Ganti Memori
- Scan harddisk
- Seting kembali clock prosesor
- Partisi harddisk dengan benar

Pembacaan data menjadi lambat
Penyebab :
- Memory tidak cukup
- Harddisk penuh atau ada virus
Solusi :
- Tambah Memory
- Kurangi isi harddisk, scan harddisk, atau
ganti dengan harddisk yang kapasitasnya besar

 CMOS failuer
Penyebab :
- Baterai habis
- Seting BIOS berubah
Solusi :
- Ganti baterai CMOS
- Seting kembali BIOS

 Tidak bisa booting
Penyebab :
- Cache memory rusak
- Memori tidak cocok.
- Boot sector pada harddisk rusak
- Ada bad sector pada trek awal harddisk
Solusi :
- Disable eksternal cache memory di BIOS
- Ganti Memory
- Masukkan operating system baru
- Partisi harddisk
 Suara bip panjang berkali-kali
Penyebab :
- Memory rusak
- Memori tidak cocok
- Memori tidak masuk slot dengan sempurna
Solusi :
- Periksa kedudukan memori
- Ganti memory
- Periksa kembali kedudukan memori

Suara bip bagus tetapi tidak ada tampilan atau bip dua kali
Penyebab :
- VGA card rusak
- Slot VGA tidak terpasang sempurna
Solusi :
- Ganti VGA card
- Periksa kedudukan VGA

 I / O disk error
Penyebab :
- Sistem di harddisk rusak
Solusi :
- Perbaiki harddisk

 Floppy disk failuer
Penyebab :
- I/O rusak
- Floppy rusak
- Kabel floppy putus
- Tegangan power suplai tidak cukup
Solusi :
- Ganti I/O
- Periksa floppy
- Periksa kabel floppy
- Periksa tegangan power suplai ke floppy

 Motherboard mereset sendiri
atau tidak bisa booting
Penyebab :
- Power suplai tidak normal
- Motherboard kotor (berdebu)
Solusi :
- Ganti power suplai (dengan daya yang lebih besar)
- Bersihkan

 Kapasitas harddisk tidak normal
Penyebab :
- Setting jumper I/O tidak benar
Solusi :
- Periksa setting jumper I/O harddisk

 On board tidak jalan
Penyebab :
- On board rusak
- Setting on board tidak benar
Solusi :
- Ganti dengan card
- Periksa setting on board

 Tampilan di layer ada huruf yang berkedip-kedip atau muncul garis
Penyebab :
- VGA card rusak
Solusi :
- Ganti VGA card

 Mouse tidak berfungsi
Penyebab :
- Mouse rusak
- On board mouse rusak
- Setting mouse tidak benar
- Driver mouse tidak cocok
- Mouse tidak terdeteksi
- Kabel mouse tidak sesuai
Solusi :
- Ganti mouse
- Ganti dengan card
- Periksa kembali setting mouse
- Periksa driver mouse
- Set up ulang mouse
- Cocokkan kabel mouse untuk on board

 Motherboard blank
(tidak ada reaksi sama sekali)
Penyebab :
- Bios rusak
- Prosesor terbakar
- Regulator jebol
- Chipset rusak
- IC reset rusak
- IC clock rusak
- Setting jumpers over clock
- Memori rusak
- Power Suply mati
- Soket PC longgar
Solusi :
- Upgrade BIOS dengan tipe yang sama
- Ganti prosesor
- Ganti IC regulator
- Ganti IC chipset
- Ganti IC reset
- Ganti IC clock prosessor
- Setting kembali clocknya
- Ganti memori
- periksa PS
- periksa slot/ soket PC
110.  Jaringan Komputer adalah sekumpulan komputer yang saling terhubung dan dapat saling bertukar file dan data secara bersama-sama
j
SSekian Postingan Saya kali ini Tentang Tes Tugas 1.
s
SSemoga Bermanfaat Terima kasih.






Previous
Next Post »
Thanks for your comment